Review #10 Novel Totto-Chan, Tetsuko Kuroyanagi


Para pecinta novel Jepang, mari berkumpul!
Kali ini review spesial, karena yang akan dibahas adalah sebuah novel pertama dari penulis Jepang yang ada di blog ini.

Siapa yang engga tahu Tetsuko Kuroyanagi? wah kalian harus searching dulu nih kayanya haha, karena beliau ini sangat terkenal loh. Beliau lah penulis novel ini.

Well, buat yang baru mau mulai baca novel Jepang, bisa kamu mulai dari sini.
Let's start it!

Novel Totto-Chan merupakan adaptasi dari kisah nyata pengalaman hidup sang penulis. Latar cerita dalam novel ini adalah saat perang dunia ke dua. Pasti pada inget dong perang dunia ke dua Jepang sedang seperti apa haha.

Novel ini menceritakan seorang anak kecil bernama Totto-Chan yang dalam masa pertumbuhannya mempelajari berbagai hal baru. Sebagai seorang anak kecil, Totto-Chan memiliki cara yang unik dalam belajar. Dia termasuk anak yang aktif dan suka berbicara. Terkadang guru di sekolah pertama nya pun kewalahan hingga putus asa untuk mengajarinya.

Sampai akhirnya dia dipindahkan. Sekolah barunya ini bisa dibilang sekolah yang tidak terkenal, tapi justru di sekolah ini lah kehidupan dia berubah sangat menyenangkan. Sekolah yang baru ini letaknya agak jauh dari rumahnya dan tempat nya dipedalaman. Semua yang ada di sekolah ini sangat unik!

Saat pertama kali Totto-Chan bertemu dengan kepala sekolahnya, dia merasa amat senang, karena baru kali ini ada orang dewasa yang dengan senang hati mendengarkan ceritanya. Kira-kira dua jam Totto-Chan bercerita tanpa henti.

Kepala sekolah ini pun juga cukup unik. Beliau memiliki begitu banyak pengalaman dalam dunia pendidikan tapi tidak pernah mau menerima ajakan untuk mengajar di sekolah-sekolah ternama di Jepang. Dia justru memilih mendirikan sekolah nya sendiri. Menurutnya dengan memiliki sekolah sendiri, dia bisa membangun sistem pendidikan yang dia inginkan tanpa mengikuti pemerintah.

Hari pertama kelas dimulai, Totto-Chan melihat banyak sekali hal baru di sekolah nya. Mulai dari kelas di sekolah tersebut berasal dari gerbong bekas kereta, kemudian dia bisa bebas memilih pelajaran yang dia sukai. Dia juga melihat ada temannya yang memiliki fisik yang berbeda dari dirinya. Dia pun berteman dengan banyak teman tanpa dikucilkan atau dianggap aneh.

Sesungguhnya konflik yang disajikan dalam cerita ini benar-benar sangat ringan. Karena bisa kebayang dong permasalahan seperti apa dan penyelesaian bagaimana yang dilakukan seorang anak kecil? Yap! lucu-lucu greget menggemaskan!

Eits, walaupun begitu, dari pengalaman anak kecil ini justru banyak sekali nilai-nilai yang bisa didapatkan loh! Semua kegiatan yang ada di sekolah ini sangat menanamkan nilai toleransi, moral, kerja sama, percaya diri, menghargai dan menghormati.

Kebayang engga gimana caranya mengajarkan dan menumbuhkan nilai-nilai mulia itu dalam diri anak-anak kecil? Nah di novel ini lah semua itu dijelaskan dan disajikan dengan apik.

Menurut ku ini adalah cerita yang sangat jenius! Perjalanan Totto-Chan di sekolah baru nya ini bisa jadi sangat menginspirasi para orang dewasa khususnya orang tua dan guru untuk lebih mengenal pola pikir dan imajinasi anak kecil. Pas banget pastinya buat kalian yang suka dengan dunia pendidikan dan juga petualangan.

So, mau tau apa aja yang dilalui Totto-Chan di sekolahnya? Bagaimana cara mendidik para guru dan kepala sekolah di sekolah unik itu? Dan gimana akhir perjalanan Totto-Chan di sana? Kalian wajib baca novel Totto-Chan!

*kalau sudah ada yang baca, komen pendapat kalian disini yah haha

See yaa~

Komentar

Postingan Populer