Review #7 Novel Aleph, Paulo Coelho


Kembali dengan koleksi cerita Paulo Coelho!
Kali ini salah satu novel terbaik (bagi aku) yang dia tulis. Ceritanya gimana? Let's start it!

Novel ini menceritakan pengalaman pribadi dari sang penulis. Menurut aku, cerita ini agak sedikit rumit tapi pembawaannya ringan jadi gak terlalu bikin pusing. Aleph itu sendiri bahasa yang dibuat oleh P. Coelho untuk menjelaskan suatu momen spiritual yang dia alami. Jadi kalau cari artinya gitu sih emang gak ada. 

Awalnya aku sulit alias gak paham maksud 'Aleph' apa, dan itu yang buat novel ini agak rumit. Jadi di dalam ceritanya ini, Paulo Coelho bertemu dengan seorang wanita yang tidak dia kenali. 

Singkat cerita, diawali ketika Paulo merasa suatu kekosongan batin sampai ada keputusan agar dia memulai suatu perjalanan. Sembari mencari alasan kekosongan itu, dia juga melakukan perjalanan untuk jumpa fans, kira-kira begitu. Dalam perjalanan itulah dia bertemu dengan wanita misterius.

Sang wanita ini bersikeras bahwa dia tidak akan bertemu dengannya tanpa alasan, dan dia harus menemani perjalanan sang penulis. Akhirnya mereka pun bersama-sama dalam perjalanan itu. Disitulah mereka berbicara tentang 'Aleph'. 

Yang sempat diingat, Paulo dan wanita itu pernah bertemu di masa lalu, dan memiliki hubungan intim sehingga mereka merasakan debaran jantung meskipun mereka tidak saling mengenal di masa sekarang. Sesungguhnya, saat itu mereka terpaut jarak usia yang sangat jauh. Konsepnya seperti reinkarnasi.

Sang penulis percaya bahwa hubungan mereka di masa lalu masih memiliki kisah yang belum terselesaikan. Oleh karena itu, mereka bertemu lagi untuk memecahkan semua yang masih tertinggal. Apakah itu? perasaan terluka dan rasa bersalah. Bagusnya dalam proses semua itu, rasa cinta, emosi kekesalan, penolakan, pencarian berhasil digambarkan dengan jelas dan penuh makna. 

Hingga pada akhirnya, sang penulis dan wanita tak dikenal ini berhasil temukan apa yang sesungguhnya mengganjal di hati dan apa yang sebenarnya mereka cari. 

'Mencintai tanpa perlu memiliki' masih menjadi topik yang diselipkan dalam novel ini. Yang aku suka dari novel ini banyak banget perumpamaan yang dibuat oleh Paulo Coelho dan itu bisa sangat mudah dimengerti karena cenderung sering kita alami sehari-hari. 

Jadi, novel ini bagus banget buat kalian yang lagi mau baca-baca ringan tapi berharap dapet pesan yang penuh makna~ 
Enjoy the trip, enjoy the experience~


Komentar

Postingan Populer